Tuesday, December 1, 2009

Kebut Jogja

Yogyakarta Sesi 1 

Lembur rutin akhir tahun ternyata membawa buah yang manis... Jalan-jalan!! Bagi saya gak ada kegiatan yang lebih menyenangkan selain jalan-jalan ^_^. Mudah-mudahan nanti saya bisa jalan-jalan keliling dunia, *ngarep banget*

Rencana dadakan ini meluncur begitu saja saat kami sedang sangat membutuhkan hiburan, persiapannya hanya butuh satu minggu saja, modalnya hanya upah lembur dan nekat, hehehe... maklum sebenarnya tidak ada dari kami yang hapal peta jogja, hotel dan transportasi untuk mendukung liburan kami disana. Biar gak bego2 amat ntar disana, saya cari informasi di internet. Ternyata cari informasi tentang jogja di internet gampang sekali, banyak hotel dan rental mobil yang pasang iklan di lapak maya ini dengan harga yang bersaing. Yang pasti harus sudah ada itu : mobil, penginapan dan peta! dan setelah dikondisikan sedemikian rupa dapatlah kami  mobil rental Avanza hitam seharga 200rb/hr, daftar hotel-hotel dan peta jogja Rp.15.000,-.

Saya berangkat dengan tiga orang teman yang semuanya perempuan, jumat sore sehabis pulang kerja (dan masih pakai baju kerja) naik kereta Lodaya jurusan Bandung-Solo dengan harga tiket bisnis Rp.160.000,-/org, *penghematan* 
Agak susah tidur di kereta bisnis... panas gerah.. kursinya keras.. dan banyak penumpang gelap, membuat saya dan teman-teman saya enggan untuk tidur. Kami tiba di stasiun Tugu pukul 5 pagi dan sudah ditunggu oleh mas2 yang mengantar mobil sewaan kami di parkiran stasiun. Dengan menggadaikan kartu ID pegawai, fotokopi kartu keluarga dan sim c teman saya, mobil avanza hitam itu pun bisa kami bawa. 

Tujuan pertama adalah Borobudur, walaupun kurang tidur di kereta semalam, namun setelah turun ke jalan Jogja di pagi hari rasanya saya semangat lagi! Harus saya akui jalanan di Jogja jauh lebih bersih dari Bandung,  jalan yang sudah dibersihkan dari pagi buta, trotoar yang rapih, pot2 tanaman yang terurus, sampai petunjuk arah jalan yang jelas dan bebas dari tangan jahil, membuat saya dapat menyetir dengan mulus ke Borobudur (thanks juga untuk peta yang amat sangat berguna!). Dua jempol deh buat kota tempat kelahiran saya ini! hehehe...

Sampai di Borobudur kami mandi di WC umum dengan harga Rp. 2.000 sekali mandi, kalau diingat-ingat kayaknya saya pernah pakai WC itu juga waktu saya wisata kesini saat masih SMP kelas 2, ghahaha... setelah segar kembali kami langsung naik ke situs Candi kebanggaan bangsa Indonesia itu, yang pernah menjadi salah satu diantara tujuh keajaiban dunia..   



ceritanya turis di Borobudur :p

Selesai dari Borobudur kami cabut ke Pantai Parangtritis (jauh ternyata!), waktu itu entah kenapa pantainya sepi, padahal hari itu hari sabtu (atau memang selalu sepi ya?). Yang mahal di pantai ini bayar parkirnya, Rp. 10.000,-. 


Malamnya setelah sempat kebingungan mencari hotel (yang semuanya sudah penuh karena akhir pekan) akhirnya kami dapat kamar family dengan dua tempat tidur, bisa untuk berempat dan nyaman banget dengan harga Rp. 300.000,- saja per malam di Hotel Sekar Ayu (deket-deket stasiun Tugu, gak tau nama jalannya apa..).

Minggu paginya kami check out setelah makan pagi, dan meneruskan perjalanan ke Kota Gede, belanja perak yang harganya cukup terjangkau. Dari kota gede kami lanjut ke Malioboro, belanja batik dan kerajinan lainnya untuk oleh2... *ini yang paling saya tdk suka, hehehe*
Tujuan terakhir sebelum pulang adalah Bakpia pathok 75 yang terkenal itu, tapi ternyata susah nyarinya! tanya-tanya abang beca malah disesatin ke bakpia 775, 123, 666 apalah itu! Tapi karena kami keukeuh pengen yang 75 akhirnya ketemu juga! hadeuhh!! 

foto iseng ajah...

Jam 7 malam sampai di stasiun Tugu dan udah ditungguin lagi sama mas2 rentalnya untuk ngambil mobilnya yang sudah dengan setia mengantar kami kemana-mana *makasih ya bil..*. Kami masuk kereta Lodaya bisnis lagi dengan jinjingan di kanan kiri, susah tidur lagi dan teman saya sempet berantem sama seorang  penumpang gelap yang dengan sangat arogannya merokok didepan kami! ditegur baik-baik eh dia malah nyolot! heran! 

Jam 5 pagi hari senin kami sampai di Bandung, buru2 pulang dan bersiap buat ngantor lagi.. walaupun kerjaannya di kantor cuma nguap mulu saking capenya. Huaaaaaahheemm...



Yogyakarta Sesi 2

Gara-gara pergi liburan ke Jogja kemaren gak ngasih tau temen-temen lain (maksudnya sih biar gak usah ngasih oleh-oleh, hehe). Saya dipaksa berangkat lagi ke Jogja bareng mereka. Jadi dalam satu bulan itu saya liburan ke Jogja dua kali... hiks... Biar deh asal mereka gak jadi marahnya...


Kali ini saya berangkat bertujuh, lagi-lagi naik kereta Bisnis Lodaya.. dan lagi-lagi ga bisa tidur karena alasan yang sama, panas, gerah, dan banyak penumpang gelap yang bertingkah seenaknya!! *marah*
Kami berangkat hari jumat setelah pulang kerja juga, sampai di Jogja langsung check in di "Wulan Inn" (rumah temen saya.. jadi gak usah keluar duit buat bayar hotel, hehe). Setelah mandi dan sarapan kami langsung meluncur ke Borobudur (lagi). 



save our national herritage! =)

Selesai dari Borobudur, wulan sang tuan rumah mengajak kami ke Museum Seni dan Budaya Jawa "Ullen Sentalu" di Kaliurang. Saya baru pertama kalinya ke museum ini, dan saya cuma bisa bilang... KEREN buat museum ini! Keren karena museum ini bisa mengemas seni dan budaya jawa menjadi suguhan informasi yang menarik dan menjadi sebuah warisan yang sangat patut dibanggakan dan dilestarikan. HTMnya cuma Rp.20.000,- kebetulan saya pakai kartu mahasiswa waktu itu, jadi saya cuma kena Rp.10.000,- saja (sstt.. padahal saya udah lulus kuliah delapan bulan sebelumnya loh, maaf ya pak.. hehehe). Kami dipandu sama mba2 tour guidenya yang fasih dan hapal banget menjelaskan semua benda seni, lukisan, foto2, patung, sampai sejarah kerajaan Mataram dan keraton-keraton di jawa yang buat saya betah berlama-lama dengerin si mbanya cerita. Dilarang ambil foto dan sembarang pegang barang-barang di dalam museum loh, walaupun saya pengen banget mengabadikan benda-benda seni yang keren itu. Tapi gapapa, saya sudah puas kok foto-foto di halaman museum yang nuansanya juga bagus banget. Pengen kesana lagi! \^0^/ 

di pintu depan museum

bonus minuman rahasia cantiknya putri-putri keraton
setelah  selesai tour



di halaman sekitar museum

Hari sabtu itu ditutup dengan pertunjukan Sandiwara Tari Rama Sinta di Candi Prambanan. Yang ini juga baru pertama kali saya liat, dan lagi-lagi saya harus angkat dua jempol untuk salah satu kebudayaan Indonesia ini. Harus liat sendiri deh gimana gerakan-gerakan tari sandiwara mereka buat mata kita betah liatnya, sampe-sampe kami jadinya ngefans banget sama Leksmana (adeknya Rama). 
Selesai pertunjukan kami dapet kesempatan foto-foto sama semua pemerannya, gara-gara wulan punya om yang mainin tokoh Rahwana jadinya kita boleh masuk ke belakang panggung dalam misi nyari "Mas Leksmana".

bareng "Mas Rama" karena "Mas Leksmana"nya
malu-malu dan kaburrr.. :D


Hari minggunya kami seharian cari oleh-oleh di Malioboro. Malamnya main buta-butaan di lapangan sekitar keraton. Saya berhasil lewat ditengah-tengah dua pohon beringin yang terkenal itu dengan mata tertutup (dalam percobaan kedua :p) *bangga*.    




Jajan wedang ronde di lesehan


Malamnya kami pulang dengan membawa oleh-oleh yang bikin ribet. Senang walaupun saya jadi bokek :'). Dan lagi-lagi naik kerata bisnis Lodaya. hihihihihi....


No comments:

Post a Comment